[bahasa indonesia] Iklan

HEBOH - Teks Ulasan yang Salah Tapi Selalu Dipakai


Saya sangat bersemangat ketika menulis mengenai teks ulasan ini. Pasalnya ternyata dalam kamu besar bahasa indonesia, kata "ULASAN" tidak pernah sama dengan pengertian saya, atau mungkin pengertian Anda. Loh kok bisa? Ya.... berikut pembahasannya...

Ulasan dalam bahasa Indonesia berarti 1 sarung (bantal, tilam, dan sebagainya); 2 kain sampul; 3 selubung; kulit (buah); LALU?? apa kaitannya dengan teks ulasan? apakah maknanya menjadi kita menyarungkan teks atau mungkin menyampuli (membuat sampul) teks?

Ini membuat saya menarik untuk membahas pengertian teks ulasan ini. Dan saya sangat berharap kepada adik-adik untuk selalu membagikan informasi yang lengkap seperti ini.

heboh teks ulasan yang salah selalu dipakai


Ulasan sejatinya memang memiliki arti sarung, bukan me-review seperti yang akan kita bahas. Tapi persoalannya tidak ada yang bisa menggambarkan tentang membahas ulang sebuah cerita. Maksud saya, tidak ada sebuah kata yang dapat menggambarkan hal tersebut.

Oleh karena itu dipakailah kata ulasan. Maksudnya adalah kita menyrungkan atau membuat sebuah resume atau rangkuman cerita dari sebuah teks dimana rangkuman tersebut sebagai gambaran MENYELURUH dari isi cerita tersebut.

Inilah yang akhirnya menjadi sebuah teks ulasan atau pembahasan ringkas. Jadi sebenarnya lebih tepat kita menggunakan kata pembahasan ringkas. Hannya saja frasa tersebut menjadi tidak efektif dipakai. Maka kita pakailah kata "ULASAN"

Bagaimana Struktur penulisan teks ulasan


Secara garis besar, ada beberapa struktur yang penting kita ketahui agar teks ulasan yang kita buat lebih mudah dipahami orang yang membacanya. Struktur teks ulasan tersebut adalah :


  • #1. Bagian  Evaluasi
  • #2. Bagian Orientasi
  • #3. Bagian Rangkuman 
  • #4. Bagian Tafsiran


Keempat bagian tersebut akan kita basa secara ringkas sepeti berikut :

  1. Orientasi : Maksudnya apa yang akan dibahas. Dengan tujuan jangan sampai ngalor ngidul entah kemada, sehingga menyangkut kepada cerita yang lain juga. Jadi harus fokus. Misalnya membahas tentang Laskar Pelangi. Jangan sekali-sekali kamu mengaitkannya dengan cerita lain.
  2. Evaluasi : Cerita yang kita buat harus ada evaluasinya. Disini kamu perlu memberikan pandangan terhadap cerita yang kamu bahas. 
  3. Tafsiran: Tentu kamu harus menafsirkan apa yang kamu bahas tersebut. Apakah masih sesuai apakah ada pesan moral dan lain sebagainya
  4. Rangkuman: Tek ulasan atau pembahasan ringkas ini sebanarnya sudah menjadi sebuah rangkuman, tapi dengan merangkumnya kembali kepada ide cerita yang lebih pendek, hal itu akan lebih menarik. Ada unsur orang yang membacanya menjadi penasaran. Jika di FILM, biasanya ini dibuat dalam bentuk Thriller.

Contoh teks ulasan yang baik

Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata bida kita pelajari. kita akan menemukan banyak istilah dan teori sains baru di dalamnya. Nama-nama besar seperti Albert Einstein, Isac Newton, Adam Smith, bahkan Bang Haji Roma Irama juga bisa kita temukan dalam lembaran-lembarannya. walaupun sering sekali istilah dan teori-teori sains tersebut tidak disertai catatan kaki, tetapi hal itu sama sekali tidak menganggulah karena ada banyak penjelasan yang lebih lengkap. Di akhir ceritanya juga sudah dibuatkan glosarium yang memuat istilah-istilah dan tokoh-tokoh tersebut.
Film atau novel laskar pelangi ini dibintangi oleh orang-orang yang berasal dari Belitong, sebuah pulau yang tidak terlalu banyak penduduknya. Mereka memerankan tokoh – tokoh yang ada di cerita tersebut, seperti Ikal, diperankan oleh Zulfani, Lintang diperankan oleh Ferdian, Mahar diperankan oleh Verrys Yamarno, dan begitu juga dengan tokoh – tokoh lainnya. 
Hadirnya novel Laskar Pelangi ini telah memunculkan banyak fenomena. Selain telah terjual lebih dari 1 juta copy, novel atau filmnya yang laris juga telah terbit di dua puluh negara, yaitu Selandia Baru, Brasil, Selatan, Malaysia, Korea, China, Taiwan, Vietnam, AS, Australia, India, Jepang, Pakistan, Banglades, Sri Lanka, Nepal, Jerman, Belanda, Spanyol,  Italia, dan Turki. (Kompas, 19 Juni 2012)
Yang menjadi pertanyaan adalah, mengapa novel atau film laskar pelangi ini sangat diminati banyak orang?
Alasannya sangat sederhana, karena banyak hal yang unik, fresh atau menyegarkan dan baru dari isi novel dan film tersebutl. Ini yang membuat orang banyak tertarik untuk mengetahui dan membacanya.
Itulah pembahasan singkat mengenai ulasan dari novel Laskar pelangi. Jika kamu ingin mengetahu lebih banyak mengenai teks ulasan, silahkan beri komentar mu di bawah ini. Kamu juga bisa REQUEST novel apa yang ingin di ulas. Nanti akan saya ulas dan kamu tinggal mendapatkan hasilnya.
Tolong di share yah kepada teman-teman yang lainnya, Terimakasih
HEBOH - Teks Ulasan yang Salah Tapi Selalu Dipakai HEBOH - Teks Ulasan yang Salah Tapi Selalu Dipakai Reviewed by Unknown on 12.35.00 Rating: 5

Tidak ada komentar

About

Adalah sebuah blog untuk mewadahi adik-adik yang masih sekolah dan mencari ilmu secara Online.

Tujuannya sangat jelas, untuk membantu adik-adik mencari referensi lebih lengkap setiap pelajaran di sekolah. Silahkan belajar di blog ini!