[bahasa indonesia] Iklan

Inilah Contoh Teks Negosiasi yang Paling Mudah Dipahami

contoh teks negosiasi

Apasih yang disebut dengan negosiasi? Sebelum kita mempelajari teks negosiasinya tentu kita harus paham dulu, sebenarnya apa itu yang disebut negosiasi.

Negosiasi adalah sebuah proses percakapan yang dilakukan minimal 2 pihak, dimana ada terjadi kesepakatan bersama. Ini meurut definisi saya sebelum saya berikan literaturnya kepada kamu. Sementara kalau kita lihat dalam kamusnya, maka Negosiasi adalah

Negosiasi adalah proses tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi) yang lain;

Yah...tidak jauh bedalah dengan pengertian sederhana yang saya buat. Trus yang benar itu NEGOSIASI atau NEGOISASI? yang benar adalah Negosiasi yaah...jangan lupa dan jangan salah lagi.

Dua contoh negosiasi


Secara gambaran sederhananya, negosiasi itu ada 2. Negosiasi langsung atau negosiasi tidak langsung. kalau negosiasi langsung itu biasanya dilakukan secara langsung, tatap muka. Artinya ada pertemuan atara pihak pertama dan pihak kedua.

Sementara negosiasi tidak langsung adalah negosiasi yang dilakukan tanpa harus ketemu dengan orangnya. Misalnya telekonferens, atau mungkin negosiasi melalui telepon, atau bisa juga melalui email. Semua bentuk negosiasi tersebut adalah sah dan bisa dilakukan.

Bagaimana dengan legalitas teks negosiasi tersebut?


Secara umum, negosiasi tentu melibatkan beberapa pihak bila perlu ada saksi. Jika ada saksi maka perlu yang namanya tanda tangan (sign). oleh karena itu, saat ini negosiasi tidak langsung yang menggunakan telepon atau video call, sudah melakukan legalitas seperti merekam pembicaraan mereka melalui video call tersebut atau merekam pembicaraan mereka.

Sering juga untuk menguatkan negosiasi mereka melakukan penambahan kekuatan legalitas. Biasanya ada berkirim surat elektronik yang di tandatangani.

Caranya sangat mudah kok. Mereka print email persetujuan atau teks negosiasi tersebut, kemudian di tandatangani, selanjutnya di kirimkan kembali. Hal ini untuk memperkuat legalitas negosiasi yang sudah dibicarakan.

Keterampilan penting seorang negosiator ulung:


  1. Sabar
  2. Konsentrasi dan Fokus
  3. Ketajaman menganalisa dan berfikir
  4. Kemampuan berbicara (termasuk bahasa asing)
  5. Mampu beradaptasi dengan cepat
  6. Humoris (untuk mencairkan suasana)
  7. Daya tahan
Semiua kemampuan tersebut bisa kamu miliki jika kamu sering melakukan negosiasi. Jadi untuk bisa mendapatkan kareakter tersebut, kamu harus sering-sering berlatih bernegosiasi. 

Struktur teks negosiasi

Dimanapun dan kapanpun kamu melakukan atau membuat teks negosiasi, maka struktur ini harus selalu kamu ingat:
  1. Pembuka
  2. Isi
  3. Penutup
Dengan memahami struktur tersebut, tentu kamu bisa terfokus memahami dan mengingat apa yang harus kamu negosiasikan dengan lawan bicara kamu.

Berikut adalah contoh teks negosiasi sederhana


Pembeli : “Permisi pak, saya mau beli Televisi yang ini, berapa harganya?”
Penjual : “Oo.. kalau yang itu harga nya 1.500.000 Pak”.
Pembeli : “Kurang dong harganya pak ?”
Penjual : “Boleh, Bapak mau nawar berapa ?”
Pembeli : “Yaudah kalo gitu 1.200.000 ya pak”
Penjual : “wah tidak bisa pak, kalau segitu masih belum dapat pak”
Pembeli : “Kalau begitu 1.300.000, gimana pak ?”
Penjual : “Tidak bisa juga pak, bagimana kalau 1.350.000?”
Pembeli : “Baiklah pak saya mau, ini uangnya. Terimakasih pak”

Beberapa hal yang paling penting untuk bernegosiasi adalah, tidak boleh menimbulkan konflik. Jika terjadi konflik, maka negosiasi bisa batal. Beberapa prinsip kita mungkin sangat prinsip, tapi ingat, dalam bernegosiasi, kita harus mampu mengendalikan emosi dan prinsip kita. Hal ini dilakukan untuk tujuan terapainya negosiasi.


Inilah Contoh Teks Negosiasi yang Paling Mudah Dipahami Inilah Contoh Teks Negosiasi yang Paling Mudah Dipahami Reviewed by Unknown on 09.50.00 Rating: 5

Tidak ada komentar

About

Adalah sebuah blog untuk mewadahi adik-adik yang masih sekolah dan mencari ilmu secara Online.

Tujuannya sangat jelas, untuk membantu adik-adik mencari referensi lebih lengkap setiap pelajaran di sekolah. Silahkan belajar di blog ini!